Sejarah Kota Tarakan

Sejarah Tarakan dari segi  linguistik ternyata asal usul kata Kota Tarakan berasal dari dua suku kata yaitu “Tarak” artinya “bertemu” dan “Ngakan” yaitu “makan” yang menurut penduduk setempat secara harfiah dapat diartikan “Tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain” sejarah kota Tarakan dari segi linguistik versi penduduk asli Kota ini.

Sejarah Tarakan

sejarah kota Tarakan

Posting kali ini adalah posting tentang sejarah kotakota Tarakan adalah kota yang tentram, aman, dan damai. Setelah sekian lama bermukim di kota Tarakan muncul rasa ingin tahuku tentang Sejarah kota ini. Sebagai alumni dari salah satu akademi pendidikan di Tarakan kan malu kalau suatu waktu nanti di tanya sama Bule ( sapa tau) atau teman dari daerah lain tentang kota Tarakan terus kita jawab “maaf kurang tau” kan malu.. :) ya ga? paling tidak masih bisa memberi sedikit ceritalah tentang sejarahnya Kota Tarakan. Walhasil muncul ide untuk bertanya pada Maha guruku yang briliant dan serba tahu yaitu (Mr.Google) tentang sejarah Tarakan, bagaimana ? mantap kan ide ku!!  :) hee hee hee. Akhirnya setelah bekeliling sana sini di temani Mr.Google aku berhasil dapat beberapa referensi dari situs resmi Pemkot Tarakan dan Blogger Tarakan tentang sejarah Tarakan. ya uda langsung aja, silahkan di baca rangkuman saya.

Sejarah Tarakan dari segi  linguistik ternyata asal usul kata kota Tarakan berasal dari dua suku kata yaitu “Tarak” artinya “bertemu” dan “Ngakan” yaitu “makan” yang menurut penduduk setempat secara harfiah dapat diartikan “Tempat para nelayan untuk istirahat makan, bertemu serta melakukan barter hasil tangkapan dengan nelayan lain”. kata tersebut pertamakali perkenalkan oleh penduduk asli Tarakan yaitu suku Tidung. Menurut suku asli Tarakan tersebut, Tarakan juga merupakan tempat pertemuan arus muara Sungai Kayan, Sesayap dan Malinau.

Berdasarkan arsip sejarah, pada tahun 1896 datang sebuah perusahaan perminyakan Belanda, yaitu BPM (Bataavishe Petroleum Maatchapij) yang menemukan adanya sumber minyak di pulau Tarakan. Banyak tenaga kerja didatangkan terutama dari pulau jawa seiring dengan meningkatnya kegiatan pengeboran. Mengingat fungsi dan perkembangan wilayah Tarakan, pada tahun 1923 Pemerintah Hindia Belanda merasa perlu untuk menempatkan seorang Asisten Residen di pulau ini yang membawahi 5 (lima) wilayah yakni; Tanjung Selor, Tarakan, Malinau, Apau Kayan dan Berau. Namun pada masa pasca kemerdekaan, Pemerintah RI merasa perlu untuk merubah status kewedanan Tarakan menjadi Kecamatan Tarakan sesuai dengan Keppress RI No.22 Tahun 1963.

Tarakan juga di kenal sebagai Pearl Harbornya Indonesia yang menurut fakta sejarah Jepang mendaratkan pasukannya yang pertama di pulau Tarakan ini dan untuk selanjutnya menguasai Wilayah Indonesia selama 3,5 tahun. Pada era perang dunia 2 pasukan Jepang maupun Sekutu silih bergantian menguasai Pulau Tarakan dengan pertimbangan strategis sebagai sumber atau supliyer bahan bakar untuk peperangan.

Dari segi Geografis letak dan posisi pulau tarakan yang strategis telah mampu menjadikan kecamatan Tarakan sebagai salah satu sentral Industri di wilayah Kalimantan Timur bagian utara. Hingga pada akhirnya Pemerintah meningkatkan statusnya menjadi Kota Administratif sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.47 Tahun 1981.

Status Kota Administratif kembali ditingkatkan menjadi Kotamadya berdasarkan Undang-Undang RI No.29 Tahun 1997 yang peresmiannya dilakukan langsung oleh Menteri dalam Negeri pada tanggal 15 Desember 1997, sekaligus menandai tanggal tersebut sebagai Hari Jadi Kota Tarakan.

Demikian sekilas tentang sejarah kota Tarakan,. bagi rekan-rekan yang merasa masih ingin mengetahui tentang Kota Tarakan atau sejarahnya, silahkan kunjungi situs resminya di http://www.tarakankota.go.id.

About these ads

34 Responses

  1. Hhmm…Majukan terus Tarakan :)

  2. mantap bro…… keep learning for better life…..

  3. Mantabbb, euy Tarakan.. SUKSES slalu.. Bravo….!!
    Tarakan Kota Klahiran Quh.. Meski Quh Brada Juh.. Tetap.. Tarakan Kota Terakhir Quh…

  4. tarakan nan jauh di mata,tapi kan slalu ada didalam hati.tarakan kota kelahiranku……kota yang penuh kenangan indah walaupun skr aq negara orang yang maju… tarakan tetap lebih dari mereka.

  5. I am constantly searching online for tips that can benefit me. Thx!

  6. I have been reading out many of your articles and it’s pretty nice stuff. I will surely bookmark your blog.

  7. Of course, what a fantastic website and instructive posts, I definitely will bookmark your blog.All the Best!

  8. Wow! Thank you! I permanently wanted to write on my blog something like that. Can I include a fragment of your post to my blog?

  9. You completed a number of fine points there. I did a search on the subject and found most people will consent with your blog.

  10. Of course, what a splendid blog and revealing posts, I will bookmark your blog.Have an awsome day!

  11. Wow! Thank you! I continuously wanted to write on my blog something like that. Can I take a fragment of your post to my website?

  12. Wow! Thank you! I permanently needed to write on my site something like that. Can I implement a portion of your post to my website?

  13. Very good written information. It will be helpful to anybody who employess it, including me. Keep doing what you are doing – i will definitely read more posts.

  14. Well I definitely liked reading it. This subject offered by you is very constructive for accurate planning.

  15. Looking forward to more articles like this. i will defiantely be coming back.

  16. I have been reading out a few of your posts and i must say pretty good stuff. I will make sure to bookmark your blog.

  17. I have been examinating out some of your posts and i can claim pretty clever stuff. I will definitely bookmark your website.

  18. Good article and straight to the point. I don’t know if this is truly the best place to ask but do you people have any thoughts on where to get some professional writers? Thanks in advance :)

  19. Well I definitely enjoyed reading it. This post provided by you is very practical for good planning.

  20. You made a number of fine points there. I did a search on the subject and found a good number of folks will agree with your blog.

  21. This weblog aided me!

  22. Totally along with a very facinating post to stumble at about this awesome website. Almost never post some reply only now i just did not resist !

  23. Ah, many thanks for the mention , I’m highly honoured :)

  24. okay thanks to your fool proof instructions my rather first actually remark – nicely done

  25. hey! cheers for this blog. was nicely in will need for it. :D I is really a pleased bunny..lol.

  26. Thank you for this great infromation hope you will write more in this subject

  27. bagaimana ? mantap kan ide ku!! :) hee hee hee.

  28. german shepherd akc,

  29. maju trus euyy tarakan

  30. “PUTRA MANDIRI”
    APPRENTICESHIP PROGRAM

    PT. MANDALA KARYA PRIMA, akan mengadakan program pembelajaran berbasis kompetensi untuk generasi muda disekitar daerah tambang PT. Mandala Karya Prima dimana lulusan dari program ini nantinya akan menjadi bagian dari karyawan perusahaan yang akan menempati posisi dalam divisi heavy equipment maintenance di Plant Departement PT. Mandala Karya Prima.

    SYARAT DAN KETENTUAN PESERTA

    Syarat dan ketentuan peserta dalam program ini adalah:
    1. Pria yg memiliki keinginan untuk maju dan berkembang
    2. Lulusan SMA (IPA) atau STM Mesin Automotive, Mesin Produksi, Listrik & Auto Electric.
    3. Usia maximal 19 tahun dan atau lulusan SMA/SMK di atas tahun 2009.
    4. Nilai rata-rata Ijazah minimum 6.5
    5. Diutamakan berdomisili Tarakan dan sekitarnya
    6. Bersedia ditempatkan di Job Site PT. MANDALA KARYA PRIMA
    7. Mencantumkan Kode “AP” pada amplop berkas lamaran atau pada subject Field jika dikirim via email

    WAKTU DAN TEMPAT
    Waktu dan tempat dari program ini adalah sebegai berikut:
    Waktu : Nopember 2011 – Nopember 2012
    Tempat : Training Center Plant Dept PT. MANDALA KARYA PRIMA
    Bentuk Program : Training In Class dan On job Training

    Lamaran ditujukan ke:
    “PUTRA MANDIRI”
    APPRENTICESHIP PROGRAM
    PT. MANDALA KARYA PRIMA
    PO BOX 721 Tarakan
    atau
    Email: recruit.mkp@gmail.com

    Atau langsung diantar ke alamat :
    Jalan Wijaya Kusuma VI No. F9
    Perumnas Peningki – Tarakan
    Kalimantan Timur

    Dengan melampirkan:

     Fotocopy Ijazah STM/SMK/SMU IPA yang telah dilegalisir.
     Fotocopy Kartu Tanda Penduduk.
     Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
     Surat izin dari orang tua atau wali.
     Surat Keterangan Kesehatan.
     Surat Keterangan Bebas Narkoba.

    Batas waktu penerimaan berkas tanggal 18 Oktober 2011

    Untuk keterangan lebih lanjut Hubungi PT. Mandala Karya Prima
    Coal Project Sesayap dengan Contact Person :

    1. Jean (0812 5292 8800)
    2. Iwan (0813 4728 8945)
    3. Adi (0821 2233 3076)

  31. lebih perjelas lgi sejarah tarakan
    Agar ank” muda trakan tau

  32. Great blog post. Is extremely good point of view and that i would like
    to appreciate intriquing, significant and tips.

    Thank you!

  33. It’s really a cool and helpful piece of info. I’m satisfied that
    you simply shared this useful info with us. Please keep us informed like this.
    Thank you for sharing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 92 other followers

%d bloggers like this: