Gagal SNMPTN “Jangan Sampai Tak Kuliah”

Fenomena yang sedang beredar di kalangan pelajar yang baru lulus sekolah tingkat SMU dan ternyata gagal ujian SNMPTN. kebanyakan dari pelajar mengurungkan niat untuk melanjutkan kuliah. Namun hal ini segera di tanggapi oleh mentri kita, berikut tanggapanya.

Matahari akan tetap terbit jika kita tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Kita tidak perlu resah atau gelisah. Sebab, banyak kesempatan lain yang tersedia.

“Banyak perguruan tinggi yang membuka program lain seperti diploma dan politeknik. Bisa juga mendaftar ke perguruan tinggi swasta. Yang penting jangan sampai tidak kuliah,” tegas Menteri Pendidikan Nasional M Nuh kepada okezone, baru-baru ini.

Menteri Pendidikan Nasional M Nuh pun mengimbau, para peserta yang tidak lulus SNMPTN tidak boleh putus asa. Hal itu dilontarkan menjelang pengumuman hasil SNMPTN 2010 pada 17 Juli mendatang.

“Namanya juga ujian, ada yang lulus, ada juga yang tidak lulus,” papar Nuh.

SNMPTN merupakan seleksi nasional tahunan untuk masuk ke sekira 60 perguruan tinggi negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Ratusan ribu peserta SNMPTN bersaing memperebutkan 80-90 ribu kursi PTN lewat ujian tulis yang dilaksanakan selama dua hari.

Untuk beberapa program studi seperti olah raga dan keterampilan bahkan diadakan juga ujian praktik. Ujian tulis SNMPTN 2010 telah berlangsung pada 16-17 Juni lalu. Sementara ujian praktik digelar pada 18-19 Juni. 

One Response

  1. Tapi jangan juga asal kuliah!

    Dari pada kuliah di unibal (universitas abal-abal), mending duitnya buat wirausaha.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: