Tips Persiapan PPL ( Program Pengenalan Lapangan)

Tips buat rekan-rekan mahasiswa yang mempersiapkan diri menghadapi PPL(Program Pengenalan Lapangan), pada kesempatan kali ini hanya sekedar berbagi pengalaman saat menjadi mahasiswa dan mempersiapkan diri untuk PPL. Sebagaimana diketahui PPL adalah bagian yang integral dari keseluruhan kurikulum , dan merupakan muara dari seluruh kegiatan akademik bidang kependidikan. PPL berfungsi mengorganisasi, mengkoordinasi dan mengembangkan penyelenggraan program praktek kependidikan dan keguruan. Sebagai tenaga kependidikan yang profesional, lulusan UNJ bidang kependidikan harus memiliki seperangkat kompetensi yang diperlukan oleh seorang guru/tenaga kependidikan yang profesional serta dapat menerapkan di dalam menyelenggarakan berbagai program kependidikan, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

Tips PPL
1. Persiapan serta survey lokasi
Sebelum kegiatan PPl di mulai maka hal yang harus diperhatikan olah mahasiswa adalah survey lokasi PPL
dengan tujuan agar lebih mengenal atmosfir lingkungan praktek agar mental terbangun dan lebih nyaman.
2. Mengumpulkan Materi ajar serta RPP
agar proses PPl lancar dan sesuai rencana maka mahasiswa wajib mengetahui materi yang digunakan berdasarkan pada kurikulum sekolah tempat mengajar selanjutnya menggunakannya untuk membuat RPP.
3. Gunakan materi ajar yang Up to date
mahaiswa peserta RPP sebaiknya senantiasa mencari sumber balajar yang up to date dengan menggunakan fasilitas internet untuk mendapatkan materi ajar dan pengembangan diri,
4. Mempersiapkan mental
hal terpenting saat PPL adalah mental, dimana mental mengajar yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas calon guru di kelas. tips terbaik membangun mental adalah dengan latihan menggunakan materi ajar di depan cermin. dengan demikian kita akan lebih mudah introspeksi diri terutama performa kita saat mengajar.
5. Konsultasi Dengan Guru pamong dan Dosen Pembimbing
agar kita lebih optimal dalam mengexplore kemampuan mengajar alangkah baiknya setiap kali mengajar kita melakukan konsultasi dengan guru pamong atau dosen pembimbing sebagai korektor penampilan serta kemampuan kita di depan kelas sehingga hal tersebut menjadi bahan evaluasi pengajaran kita berikutnya agar lebih baik.
6. Motivasi Pengembangan Diri
yang paling penting adalah tujuan utama PPL kita, maksudnya adalah PPL bukan sebagai beban serta kewajiban semata akan tetapi merupakan penyadaran diri untuk mengembangakan diri agar lebih baik dan senantiasa bertambah baik setiap harinya.

Demikian tips PPL dari saya semoga bermanfaat.. jika ada kekurakan silahkan memasukan saran dan kritik pada form komentar di bawah ini.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 92 other followers

%d bloggers like this: